thanks

PAK ILUT UCAPKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN NYA

tukar template

Change Background of This Blog!


dg

PAK ILUT AKAN TERUS BERKARYA SAMPAI MATI

baca di bawah ini ya!

Selasa, 19 Oktober 2010

0 ASAL MULA BHS INDONESIA 13


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!
Faktor penting lain yang menyebabkan berkurangnya sumbangan bahasa Melayu ke dalam bahasa Indonesia adalah faktor demografi dan faktor politik. Orang Melayu bukan bagian terbesar dari penduduk Indonesia. Mereka juga tidak dapat dikatakan sebagai pusat kekuasaan. Bahasa Melayu sekarang mungkin semacam tahu diri, sehingga lebih suka mengikuti daripada diikuti. Kalau dalam hal jering saja orang Melayu lebih menyukai jengkol, maka dapat diduga betapa sikap bahasa Melayu sekarang tentang kata yang jauh lebih penting daripada sekadar nama buah tersebut. Kata pengejawantahan, ambeg paramarta, sandang pangan, dan banyak lagi yang lain mulai terbiasa di telinga Melayu.

Pada masa lampau, bahasa Melayu sangat keras mempertahankan kaidah dan ungkapan Melayu. Bahasa Melayu mewajibkan para pemakainya untuk mematuhi aturan-aturan yang ketat itu. Disiplin penggunaan bahasa amat dipentingkan. Hal ini merupakan sumbangan dari bahasa Melayu terhadap perkembangan bahasa Indonesia, yaitu suatu sikap berbahasa yang sangat hati-hati. Kita mengetahui bahwa apa yang dinamakan bahasa Melayu koran atau rendahan tidak atau kurang mementingkan aspek ini. Masalah yang sangat berat dirasakan saat ini ialah kaburnya rujukan.

Walaupun peran bahasa Melayu dalam perkembangan bahasa Indonesia sekarang sudah menurun, masih banyak para ahli bahasa yang tidak berkeinginan untuk membuang pola Melayu begitu saja. Dalam usaha perluasan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kita masih melihat orang memperhatikan tuntutan-tuntutan kepatutan bahasa Melayu yang sudah dimodernisasi. Sumbangan yang diberikan oleh bahasa Melayu tercermin dalam penggunaan bahasa yang menghendaki kejernihan pikiran itu tadi. Bahasa Melayu lebih menekankan kepada kejernihan jalan pikiran daripada gramatikal yang benar dalam arti teknis yang ketat. Cobalah lihat ungkapanungkapan dan peribahasa Melayu! Ungkapan dan peribahasa Melayu tidak selalu seragam. Penggunaan bahasanya dari sudut teknis gramatikal agak bervariasi. Akan tetapi, pikiran yang dikandungnya sangat jelas. Salah satu unsur keindahannya terletak pada ketajaman ungkapan katanya, bukan terletak pada kekaburan dan kegaibannya.

Akhirnya patut disebutkan di sini bahwa kita semua mengetahui betapa eratnya hubungan antara bahasa dan budaya. Sumbangan bahasa Melayu terhadap perkembangan bahasa Indonesia juga merupakan sumbangan budaya, sumbangan alam, dan sumbangan cara berpikir. Bahasa dan kebudayaan Indonesia akan terasa miskin sekiranya sumbangan itu hanya datang dari bahasa dan budaya Melayu. Sebaliknya, jika bahasa dan budaya Melayu tak mau menyumbang lagi, maka bahasa dan budaya Indonesia akan kurang kaya.

0 komentar:

Posting Komentar

ikan ku

motivasi