thanks

PAK ILUT UCAPKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN NYA

tukar template

Change Background of This Blog!


dg

PAK ILUT AKAN TERUS BERKARYA SAMPAI MATI

baca di bawah ini ya!

Jumat, 19 November 2010

0 asiangames


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

Asian Games

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Asian Games
Asian Games disebut juga Asiad (dari Asia dan Olimpiade), adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun, dengan atlet-atlet dari seluruh Asia.
Ajang ini didominasi oleh atlet-atlet dari Republik Rakyat Cina, Korea Selatan dan Jepang.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Sejarah

[sunting] Far Eastern Championship Games

Asian Games awalnya merupakan ajang olahraga di Asia kecil. Far Eastern Championship Games diadakan untuk menunjukkan kesatuan dan kerja sama antar tiga negara, yaitu Kerajaan Jepang, Kepulauan Filipina, dan Republik Rakyat Cina. Far Eastern Championship Games pertama diadakan di Manila pada tahun 1913. Negara Asia lainnya berpartisipasi setelah diselenggarakan. Far Eastern Championship Games dihentikan pada tahun 1938 ketika Jepang menyerbu Tiongkok dan aneksasi terhadap Filipina yang menjadi pemicu perluasan Perang Dunia II ke wilayah Pasifik.

[sunting] Asian Games

Setelah Perang Dunia II, sejumlah negara di Asia menerima kemerdekaannya. Negara-negara baru tersebut meninginkan sebuah kompetisi yang baru di mana kekuasaan Asia tidak ditunjukkan dengan kekerasan dan kekuatan Asian diperkuat oleh saling pengertian. Pada Agustus 1948, pada saat Olimpiade di London, perwakilan India, Guru Dutt Sondhi mengusulkan kepada para pemimpin kontingen dari negara-negara Asia untuk mengadakan Asian Games. Seluruh perwakilan tersebut menyetujui pembentukan Federasi Atletik Asia. Panitia persiapan dibentuk untuk membuat rancangan piagam untuk federasi atletik amatir Asia. Pada Februari 1949, federasi atletik Asia terbentuk dan menggunakan nama Federasi Asian Games (Asian Games Federation). Dan menyepakati untuk mengadakan Asian Games pertama pada 1951 di New Delhi, ibu kota India. Mereka sepakat bahwa Asian Games akan diselenggarakan setiap empat tahun sekali.
Pada 1962, Federasi mengalami perselisihan atas diikutsertakannya Taiwan dan Israel. Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games menentang keikutsertaan Taiwan dan Israel. Pada tahun 1970, Korea Selatan membatalkan rencananya untuk menjadi tuan rumah Asian Games yang disebabkan karena ancaman keamanan dari Korea Utara, dan penyelenggaraan Asian Games dipindahkan ke Bangkok dengan pendanaan dari Korea Selatan. Pada tahun 1973, Federasi mengalami perselisihan kembali setelah Amerika Serikat dan negara-negara lainnya mengakui keberadaan Republik Rakyat Cina dan negara-negara Arab menentang keterlibatan Israel. Pada tahun 1977, Pakistan membatalkan rencananya sebagai tuan rumah Asian Games karena konflik yang terjadi antara Bangladesh dan Pakistan. Thailand menawarkan bantuan dan Asian Games diadakan di Bangkok.
Setelah beberapa penyelenggaraan Asian Games, Komite Olimpiade negara-negara Asia memutuskan untuk merevisi konstitusi Federasi Asian Games. Sebuah asosiasi baru, yang bernama Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) dibentuk. India sudah ditetapkan sebagai tuan rumah pada tahun 1982 dan OCA memutuskan untuk tidak mengubah jadwal yang sudah ada. OCA resmi mengawasi penyelenggaraan Asian Games mulai dari tahun 1986 pada Asian Games di Korea Selatan.
Pada tahun 1994, berbeda dengan negara-negara lainnya, OCA mengakui negara-negara pecahan Uni Soviet, Kazakhstan, Kirgistan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Tajikistan.
Asian Games Musim Panas adalah ajang olahraga yang diadakan empat tahun sekali yang diikuti oleh seluruh negara Asia yang terdaftar dalam Dewan Olimpiade Asia (OCA).

[sunting] Lokasi

Tahun Games Tuan rumah Negara Juara
1951 I New Delhi Flag of India.svg India Jepang
1954 II Manila Flag of the Philippines.svg Filipina Jepang
1958 III Tokyo Flag of Japan.svg Jepang Jepang
1962 IV Jakarta Flag of Indonesia.svg Indonesia Jepang
1966 V Bangkok Flag of Thailand.svg Thailand Jepang
1970 VI Korea SelatanBangkok Flag of South Korea.svg Korea SelatanFlag of Thailand.svg Thailand Jepang
1974 VII Teheran Flag of Iran.svg Iran Jepang
1978 VIII PakistanBangkok Flag of Pakistan.svg PakistanFlag of Thailand.svg Thailand Jepang
1982 IX New Delhi Flag of India.svg India China
1986 X Seoul Flag of South Korea.svg Korea Selatan China
1990 XI Beijing Flag of the People's Republic of China.svg Republik Rakyat Cina China
1994 XII Hiroshima Flag of Japan.svg Jepang China
1998 XIII Bangkok Flag of Thailand.svg Thailand China
2002 XIV Busan Flag of South Korea.svg Korea Selatan China
2006 XV Doha Flag of Qatar.svg Qatar China
2010 XVI Guangzhou Flag of the People's Republic of China.svg Republik Rakyat Cina
2014 XVII Incheon Flag of South Korea.svg Korea Selatan

[sunting] Olahraga

Daftar cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games Musim Panas, beserta tahun dipertandingkan.

[sunting] Asian Games Masa Depan

Kota-kota yang mencalonkan diri untuk Asian Games 2014 adalah Incheon, Korea Selatan (kemungkinan pencalonan gabungan dengan Pyongyang, Korea Utara), dan New Delhi, India. Yordania dan Vietnam juga menyatakan diri siap.

[sunting] Pranala luar

[tampilkan]

0 komentar:

Posting Komentar

ikan ku

motivasi